Lele Paiton, Dua Bulan Panen

BERMODAL Rp170 juta, Lin, panggilannya, membentengi lahan seluas 1.300 m2 di Desa Larangan, Cilegon, Provinsi Banten, dengan tembok semen setinggi 2 m. Di lahan itu, alumnus sekolah perawat di Cikini, Jakarta Pusat itu membangun 7 kolam tanah berukuran sama: 5 x 7 meter.


Tidak semua kolam itu berisi lele. Lin hanya membenamkan 4.000 bibit paiton sepanjang 8--10 cm masing-masing di tiga petak kolam. Maklum ini budi daya pertama.

Lin membeli bibit paiton Rp250 per ekor itu dari Pusat Pembibitan Lele Paiton di Pandeglang Provinsi Banten. Paiton dipilih karena laju pertumbuhannya jauh lebih cepat daripada dumbo.

Paiton merupakan silangan betina lele eks thailand dan jantan dumbo. Untuk mencapai ukuran konsumsi 7--10 ekor/kg Clarias gariepinius itu cukup dipelihara 2 bulan; dumbo 3 bulan.

Dengan tingkat kematian di tahap pembesaran 5%, dari total 12 ribu bibit ditebar, 11.400 ekor bertahan hidup sampai akhir Februari 2009. Selepas sortir, Lin memanen 6.000 ekor ukuran konsumsi, total berbobot 4,5 kuintal. Pengepul ikan di Pasar Cilegon membelinya Rp10 ribu per kg.

Pada panen perdana itu Lin mengantongi pendapatan Rp4,5 juta. Dipotong ongkos produksi Rp8.500/kg, ibu satu putra itu mengantongi laba bersih Rp675 ribu.

Sekitar 20 hari berikutnya 5.400 paiton tidak lolos sortir tahap awal siap dipanen. Artinya Lin mendulang 4,5 kuintal lagi.

Sangkuriang

Nun di Sleman, Yogyakarta, Erli membenamkan 14 ribu bibit lele di kolam seluas 48 m®MDSU¯2 pada akhir Desember 2008. Dua bulan berikutnya peternak di Desa Sindumartani itu menjala 1 ton clarias. Dengan harga jual ukuran konsumsi Rp10.500/kg.

Erli menangguk pendapatan Rp10,5 juta. Setelah dikurangi biaya produksi Rp8.000/kg, ia meraup laba bersih Rp2,5 juta.

Sejatinya Erli meraup laba bersih sebesar itu setelah tiga bulan memelihara lele. Namun, hal itu terjadi saat masih beternak dumbo. Kini yang dipeliharanya jenis sangkuriang. Inilah lele unggul hasil perbaikan genetik dumbo, silangan crossback antara induk dumbo betina F2 dan jantan F6.

Peneliti Balai Besar Pengembangan Budi Daya Air Tawar (BBPBAT) di Sukabumi merilisnya lima tahun silam setelah terbukti sangkuriang dapat dipanen cepat, 60 hari. Keunggulan lain, nilai konversi pakan rendah, FCR 0,9; dumbo FCR 1,0-1,1.

FCR penting karena memengaruhi pendapatan peternak. Begini gambarannya. FCR sangkuriang 0,9, artinya untuk menghasilkan 100 kg sangkuriang dibutuhkan 90 kg pakan.

Dengan volume pakan serupa, cuma diperoleh 90 kg dumbo. Di sini terdapat selisih bobot panen 10 kg atau setara Rp105 ribu/kg. Jika Erli memanen 1 ton, sesungguhnya ia mengantongi penghasilan plus Rp1,05 juta.

Lele paiton dan sangkuriang memang membuat peternak jatuh hati. Marliana dan Erli terpincut karena kedua jenis lele itu mempunyai waktu budi daya singkat, 60 hari. "Dengan singkatnya masa produksi, perputaran uang juga cepat sehingga bisa menambah modal atau nafkah," kata Wagiran, Ketua Kelompok Perikanan Trunojoyo di Kulonprogo, Yogyakarta.

Menurut Ade Sunarma MSi, periset sangkuriang dari BBPBAT, sangkuriang lahir sebagai jawaban keluhan peternak atas lamanya waktu budi daya dumbo. Saat pertama kali masuk di Tanah Air pada pertengahan 1990-an, masa budi daya lele asal Thailand itu cukup singkat, ukuran konsumsi dicapai 60--70 hari dari bibit ukuran 3--5 cm.

Namun, seiring terjadinya inbreeding alias perkawinan sedarah sesama induk, ukuran konsumsi dicapai 100 hari. "Makanya dilakukan perbaikan mutu sehingga muncul sangkuriang yang cepat panen," kata Ade. Alasan sama juga berlaku untuk paiton.

Tren

Budi daya lele memang tengah marak. Penelusuran Trubus ke sentra lele seperti Bogor dan Indramayu (Jawa Barat), Kulonprogo dan Slemen (Yogyakarta), hingga Boyolali (Jawa Tengah) menunjukkan terjadinya kenaikan jumlah peternak.

Menurut Wagiran, di Kecamatan Wates, Kabupaten Kulonprogo, kini terdapat 208 kelompok perikanan yang terdaftar di Dinas Perikanan. "Dari jumlah itu 70% di antaranya pembesar sangkuriang dan paiton."

Menurut Tati, S.P. dari Direktorat Jenderal Perikanan Budi Daya, Departemen Kelautan dan Perikanan, peternak pemula lele pada 2008 mencapai 637 kelompok dengan anggota 6.200 peternak.

Penyebabnya tidak terbatas di Pulau Jawa, tetapi ke daerah lain: Nusa Tenggara Barat (49 kelompok, 575 peternak), Nusa Tenggara Timur (14 kelompok 96 peternak), Jambi (15 kelompok, 183 peternak), hingga Riau (18 kelompok, 125 peternak), dan Kepulauan Riau (76 kelompok, 764 peternak). Jenis yang dikembangkan dumbo, sangkuriang, dan paiton.

Menurut Saptono, Ketua Kelompok Tani Mino Ngremboko di Sleman, Yogyakarta, lele selalu dibutuhkan konsumen untuk memenuhi kecukupan gizi. Apalagi kini harga sumber protein hewani seperti daging sapi dan ayam sulit dijangkau.

Penyerap terbesar rumah makan kakilima atau warung tenda yang menjamur di sepanjang jalan kota-kota besar. "Kebutuhan mereka cenderung bertambah," kata Saptono yang mencontohkan kebutuhan Kota Gudeg 30 ton lele/hari, tetapi baru terpenuhi setengahnya. Hal sama terjadi di Jakarta (75 ton/hari) dan Malang (4 ton/hari).

Daya tarik itu pula yang menggiring Sambas beternak sangkuriang. Peternak di Desa Kracak, Leuwiliang, Kabupaten Bogor itu mengelola 10 kolam bervariasi ukuran: 6 m x 10 m dan 8 m x 10 m di lahan 1 hektare. Rata-rata setiap bulan ia memanen 4,2 ton lele. Sambas dengan mudah memasarkan hasil panenannya. "Berapapun produksi saya bisa menjualnya," kata dia. Mitra pedagang pengepul bahkan meminta Sambas menyuplai 1--3 ton per hari.

Sumber : Lampung Post (2009)

10 comments:

  1. JUAL BIBIT IKAN LELE SANGKURIANG
    JUAL BIBIT IKAN LELE SANGKURIANG
    .
    .
    .
    BIBT DARI INDUKAN BERKUALITAS
    .
    1-2cm = Rp. 60/ek
    3-5cm = Rp. 90/ek
    5-6cm = Rp.120/ek
    6-7cm = Rp. 150/ek
    7-9cm = Rp. 180/ek
    .
    BIBIT LELE SANGKURIANG BERKUALITAS
    GA ADA MIN PEMBELIAN.. BEBASSSSS
    .
    LOKASI JAKARTA
    SIAP ANTAR SELURUH PULAU
    .
    HUB 08788 0586907

    ReplyDelete
  2. ok makasih infonya.....mudah2an ada kawan peternak yang minat....suksess!!!

    ReplyDelete
  3. Saya memfokuskan usaha pada
    pembenihan bibit lele
    sangkuriang.
    Bagi yang membutuhkan bibit
    lele
    sangkuriang. Untuk wilayah Solo
    dan
    sekitarnya saya antar gratis.
    Bibit
    berkualitas karena dari indukan
    bersertifikat dari BBAT. Kami
    siap
    membantu Anda sukses dalam
    berternak lele. Konsultasi gratis.
    Saya tidak menjual bibit saja.
    Bibit
    yg saya kirim. Bila sudah panen
    akan
    saya beli bila Anda kesulitan
    menjual. Bila Anda butuh lele
    konsumsi saya juga siap. Semua
    harga bisa dinego. Pelanggan adlah raja. Saya ingin Anda untung besar, kapanpun Anda sms pasti secepatnya kami balas, pelayanan kami adalh yg utama. Anda sukses saya jg ikut sukses itu prinsip saya. Hub
    085642057643
    alamat Ngablak Rt/Rw 03/06,
    Karangmojo, Tasikmadu,
    Karanganyar, Solo meganmahmud@gmail.com

    ReplyDelete
  4. Haloo ,,,,,,,, Warga PONTIANAK,BALIKPAPAN,GORONTALO,LUWUK,PALU,BAJARMASIN BATAM dll seluruh INDONESIA perkenalkan nama saya Dian lele dari kota yogyakarta jawa tengah.saya ingin menawarkan benih unggulan ikan lele sangkuriang bagi anda petani calon petani penjual benih dan pengusaha perikanan kami siap mensuplay benih ikan tujuan PONTIANAK dan sekitarnya sampai bandara tujuan PONTIANAK

    kami siap melayani dalam jumlah kecil maupun jumlah besar secara continue.dengan harga murah serta dapat di jual kembali di kota anda benih ikan sehat cepat adaptasi serta cepat panen.

    Jual benih ikan lele sangkuriang & phyton/paiton

    Benih ikan lele tarakan jual segala ukuran.harga murah kwalitas unggulan di kembangkan dari kolam bak terpal yang telah terbukti kwalitasnya kuat untuk pengiriman jarak jauh serta cepat beradaptasi di lingkungan apapun.

    Menjual benih serta indukan ikan lele sangkuring & phyton harga lokal

    * – benih ikan lele ukuran 2-3 panjang ikan 3-4 cm harga Rp. 60/ekor
    * – benih ikan lele ukuran 3-4 panjang ikan 4-5 cm harga Rp. 80/ekor
    * – benih ikan lele ukuran 3-5 panjang ikan 5-6 cm harga Rp.100/ekor
    * – benih ikan lele ukuran 4-6 panjang ikan 6-7 cm harga Rp.125/ekor

    Jangan di baca kalau tidak ada manfaatnya

    Yang murah selain kami masih banyak yang jual tapi kwalitas kami utamakan, Kita tidak menjual benih yang tidak layak untuk di pelihara oleh petani pengusaha atau penjual benih seperti ikan kurang sehat atau rusak, Dan benih kami di kelola oleh orang orang pilihan secara profesional dan tetap dalam pantauan dinas perikanan daerah akan kesehatanya benih ikan. Buat apa mencari dan membeli benih ikan murah kalau banyak kematian nantinya.Anda bisa menilai kwalitas kita boleh anda bandingkan dengan yang lain silahkan.

    Melayani pesanan benih ikan lele pengiriman :
    1. antar kota
    2. antar provinsi
    3. antar pulau diseluruh Indonesia

    Untuk informasi cara ternak ikan lele :
    * budidaya pembesaran
    * pemeliharaan serta perawata pada ikan lele
    * kiat kiat sukses
    * pengobatan penyakit ikan lele
    * pemasaran ikan lele benih dan konsumsi
    * mengalih bisnis perikanan

    Silahkan kunjungi via Google di alamat : http://www.ikanlelepaiton.blogspot.com

    Semoga bermanfaat amin

    Dian lele …………………..Hp : 081226633426 ( sms / telpon )

    ReplyDelete
    Replies
    1. http://www.ikanlelepaiton.blogspot.comDian lele …………………..Hp : 081226633426 penipu

      Delete
  5. http//ikanlelepaiton.blogspot.com http//Pbenih.blogspot.com tidak professional dalam pengiriman hampir semua mati tiba di bandara katanya garansi diatas 10persen mati ganti tetapi setelah konfirmasi SMS tidak ada jawaban bagi saudaraku bugis seindonesia jangan percaya blog ini http//ikanlelepaiton.blogspot.com http//Pbenih.blogspot.com hp 01226633426 hp 087733662287 rahadian surya hampir semua diblog kendari tersebar nich berita asu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Assalamu’alaikum wr wb..
      Salam sejahtera..
      Sehubungan dengan komentar ini, saya Rahadian Surya (081226633426, 087733662287 ) admin dari //ikanlelepaiton.blogspot.com, merasa berterima kasih sekali atas kritikan2 yang ditujukan kepada saya. Akan tetapi saya akan lebih berterimakasih seandainya kritikan2 tersebut langsung dikonfirmasikan langsung kepada saya sehingga saya bisa segera memperbaiki apa2 yang menjadi kewajiban saya. Mengenai SMS / Tlp yang belum terbalas, dimungkinkan karena saya sedang beraktifitas di kolam yang tidak memungkinkan memegang hp akan tetapi ketika ada kesempatan tidak mungkin hal tersebut saya abaikan. Alangkah bijaksana-nya seandainya komplain2 bisa langsung disampaikan kpd saya supaya tidak menimbulkan fitnah berkepanjangan. bila mana ini persaingan bisnis penjualan benih ikan,sebaiknya kita bersaing secara sehat bukan merusak nama baik atau saling menjatuhkan,bila mana ada kematiaan lampirkan foto yang bersetempel dari dinas karantina sekitar selaku petugas yang berwenang memantau datangnya benih ikan (semua barang keluar dari bandara selalu di saksikan petugas karantin) Trims… Salam sukses! Rahadian..
      Wa’alaikumsalam wr wb..

      Delete
  6. DWIJAYA INDOTERPAL khusus menjual Terpal Plastik korea all type ataupun terpauline korea/lokal jerman(meister)(UNO)colosus(anti jamur&anti UV),canvas super(No.4/tipe 2334),KWCI (No.8/tipe 2558),CP,UNICA,Polyster/Parasheet D600,Jaring polynet,Waring,Tambang PE dengan berbagai ukuran "1 s/d 5" warna (bolak balik) ataupun membuat tenda "Separasi" jual tenda pleton, Tenda promosi, Tarpaulins,

    ReplyDelete
  7. DWIJAYA INDOTERPAL khusus menjual Terpal Plastik korea all type ataupun terpauline korea/lokal jerman(meister)(UNO)colosus(anti jamur&anti UV),canvas super(No.4/tipe 2334),KWCI (No.8/tipe 2558),CP,UNICA,Polyster/Parasheet D600,Jaring polynet,Waring,Tambang PE dengan berbagai ukuran "1 s/d 5" warna (bolak balik) ataupun membuat tenda "Separasi" jual tenda pleton, Tenda promosi, Tarpaulins,

    ReplyDelete